Perawatan wajah : Mencuci Wajah yang Benar

Disusun oleh staf Shafa Beauty Care

Mencuci wajah Anda sepertinya praktik cukup sederhana, bukan?
Mencuci wajah merupakan salah satu perawatan wajah dasar. Selain air dan sabun yang Anda butuhkan, ada beberapa hal kecil yang jika anda lakukan, hal itu bisa menjadi penyebab pengeringan yang berlebihan, kulit berminyak atau bahkan jerawat yang dikhawatirkan

1. Pilih Sabun Pembersih wajah yang sesuai
Pilihlah sabun pembersih wajah yang sederhana dan yang sesuai dengan jenis kulitmu, apakah cenderung kering, berminyak, atau kombinasi?.
Pembersihan harus mengambil kotoran, kuman dan minyak berlebih, tapi tidak mengambil kelembaban kulit dan sel-sel yang sehat.
Cari pembersih wajah lembut tapi tidak terlalu keras yang meninggalkan kemerahan atau ruam.
Pembersih wajah dari bahan-bahan alami memenuhi kriteria tersebut. Pembersih wajah alami dapat berwujud sabun, scrub atau yang lainnya. Sabun Pembersih yang mengandung minyak dapat memberi nutrisi yang baik bagi kulit wajah anda. Beberapa manfaatnya yaitu membersihkan pori-pori dari kotoran dan bakteri serta membantu menyeimbangkan nutrisi dalam kulit. Untuk hasil maksimal, sebaiknya pilih pembersih wajah yang terbuat dari minyak alami seperti minyak zaitun, VCO (Virgin Coconut Oil), minyak almond, minyak biji anggur atau minyak bunga matahari, yang baik untuk kesehatan kulit.

2. Jangan Terobsesi
Secara umum, mencuci wajah Anda sekali atau dua kali sehari adalah sesuatu hal yang sangat baik.
Sesuatu yang lebih dari yang berlebihan seperti mencuci wajah dengan pembersih wajah lebih dari dua kali sehari (kecuali ada keadaan khusus yang ditentukan oleh dokter kulit Anda), dapat menyebabkan kembalinya kelebihan minyak dan jerawat.
Sebaiknya mencuci dua kali sehari , pagi dan malam hari sebelum tidur untuk kulit normal atau lembab. Sekali sehari untuk kulit kering.
Di sisi lain, sebaiknya tidak membiarkan makeup atau tabir surya dibiarkan terlalu lama atau bahkan anda tidur masih belum membersihkannya.

3. Cuci Tangan Dulu ya ^^
Ini hal kecil tapi sering dilupakan oleh sebagian orang. Jika belum cuci tangan, Sabun cuci muka akan bercampur dengan kotoran dan bakteri yang masih tersisa pada tangan yang kotor dan kemudian dapat dengan mudah berpindah ke wajah anda. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mencuci bersih tangan anda sebelum menggunakannya untuk mencuci wajah ^^

4. Air hangat lebih baik
Mungkin ada yang merasa baik dengan percikan uap air yang panas, namun perlu diperhatikan bahwa Air panas belebihan akan “mengambil minyak alami yang sehat dari kulit Anda terlalu cepat.” jangan menggunakan air yang terlalu dingin maupun terlalu panas untuk mencuci wajah. Air panas akan menyebabkan kulit kering, sedangkan air dingin dapat merusak pembuluh darah pada wajah. Suhu air yang paling baik untuk mencuci wajah adalah air yang hangat, dalam artian tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin.. suam-suam kuku saja ya ^^

5. Setelah 1 menit, Bilas yang bersih
Jangan terburu-buru untuk membilasnya dengan air. Sebaiknya biarkan sebentar hingga sabun pembersih wajah tersebut benar-benar mengangkat semua kotoran dan bakteri pada wajah. Setidaknya tunggu hingga 1 menit setelah diusapkan pada wajah, lalu bilas dengan air bersih. Meski sedang buru-buru, bilaslah wajah anda dengan bersih. Sisa sabun juga dapat menyumbat pori-pori kulit yang dapat menyebabkan munculnya jerawat, kulit kering dan iritasi pada wajah.

6. Cara melap wajah : Tepuk hingga Kering bukan digosok !
Banyak dari kita terburu-buru rutinitas, dan lap wajah basah pada apa pun yang paling dekat dengan wastafel: handuk digunakan, baju yang kita kenakan. Padahal penting untuk menggunakan kain lembut, kain bersih kering. Cara mengelap wajah adalah dengan menepuk kulit Anda dengan haduk kering dan bresih, daripada menggosok yang menyebabkan elastisitas kulit berkurang karena tertarik handuk atau tidak mengelapnya menjadikan “kabut air halus” tetap ada ketika Anda menerapkan pelembab, akan menutup kelembaban ke permukaan kulit.”
Siapkan handuk khusus untuk mencuci wajah anda jangan gunakan handuk yang sama dengan badan.

7. Perhatikan Mata Anda
Melawan dorongan yang berat pada pagi hari, percikan air pada mata Anda agar terbuka untuk membangunkan diri . Kulit di sekitar mata Anda halus dan tipis, sehingga perlu diperlakukan lebih lembut daripada bagian wajah Anda. Maka Hal yang perlu diingat adalah ?
Gunakan sabun yang lembut, tidak menggunakan sabun yang keras atau pembersih langsung pada kelopak mata halus.

8. Lakukan eksfoliasi sedikit (tidak sering)
Exfoliasi (pengelupasan) memiliki manfaat kulit: scrub dapat meningkatkan sirkulasi untuk cahaya kemerahan, dan membantu untuk mengangkat sel kulit mati. Tapi pengelupasan kulit yang berlebihan dapat mengarah ke jalan menuju masalah. Pengelupasan kulit lembut maksimal satu atau dua kali seminggu. Pengelupasan kulit mati dapat menggunakan scrub wajah atau peeling wajah alami.

Disusun oleh Staf Shafa Beauty Care

shafasoap.com