Kebiasan Buruk yang dapat Menyebabkan Jerawat

Pernakah anda berfikir, mengapa jerawat bisa muncul? Mungkin ya, mungkin tidak, karena kebanyakan orang hanya bisa membenci dan menyalahkan jerawat.

Mereka tak mau tahu alasan mengapa wajah mereka bisa berjerawat. Padahal, penting sekali bagi kita untuk mengetahui apa saja hal yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Mengapa penting mengetahui penyebab timbulnya jerawat? karena dengan mengetahui penyebabnya minimal kita akan tahu apa saja yang harus kita hindari agar terhindar dari jerawat.

Dengan kata lain, mengetahui faktor penyebab munculnya jerawat merupakan bentuk pencegahan awal terhadap jerawat, betul?

1. Terlalu Sering Mencuci Muka
Terlalu sering mencuci muka dapat berbahaya bagi kulit. Karena hal tersebut justru akan membuat produksi kelenjar minyak / sel sebum dalam kulit mengalami peningkatan.

Maka cukup mencuci kulit wajah anda dua kali sehari yaitu di pagi dan malam hari sebelum anda tidur.

2. Terlalu Sering Menyentuh Kulit Wajah
Saat tangan anda menyentuh kulit wajah, mungkin saja pada saat itu tangan anda tidak dalam keadaan bersih. Akibatnya dapat menjadi media penyebaran kuman / bakteri yang dapat menjadi penyebab jerawat.

Maka dari itu, sebelum tangan anda menyentuh kulit wajah, pastikan terlebih dahulu bahwa tangan anda benar-benar bersih.

3. Malas membersihkan keringat
Salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan jerawat adalah karena anda malas membersihkan keringat, dan membiarkannya dalam waktu yang cukup lama bahkan sampai terbawa tidur.

Sedangkan dalam keringat, terkandung bakteri yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jadi jangan pernah membiarkan keringat berlama-lama menempel dikulit anda, bersihkan segera agar anda terhindar dari si jerawat.

4. Malas Keramas
Malas keramas bisa memjadikan kulit kepala berproduksi minyak berlebih.

Minyak tersebut akan mengalir kewajah lalu bercampur dengan debu, kotoran ataupun bakteri, yang akhirnya menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit anda sehingga munculah jerawat.

5. Sering Begadang
Saat seseorang kurang tidur, maka ia akan mudah mengalami stres. Dan stres jga salah satu pemicu tumbuhnya jerawat. Dan tidur malam jg dapat memlerparaj jerawat yg sudah ada sbelumnya

Karena pada saat kurang istirahat, akan memaksa tubuh untuk memproduksi hormon insulin lebih banyak, sehingga jerawat dapat terbentuk dengan mudah.

Maka dari itu, cuckupilah waktu tidur anda. Karena saat anda tidur, kulit akan melakukan regenerasi pada sel-sel kulit yang rusak, sehingga kondisi kulit anda dapat kembali normal.

6. Malas Mengganti Perlengkapan Pakaian dan Perlengkapan Tidur
Pakaian, sarung bantal, spai, handuk, jika tidak dicuci / diganti secara rutin sebenarnya mengandung banyak bakteri dan sel kulit mati yang jika kita gunakan secara terus menerus akan menyebabkan timbulnya penyakit kulit yang salah satunya adalah jerawat.

7. Mengeringkan Wajah Secara Berlebihan
Mengeringkan kurit secara berlebihan setelah cuci muka sampai benar-benar kering ternyata dapat membuat kulit anda mengalami iritasi. Sehingga kulit akan memproduksi minyak dalam jumlah cukup banyak dengan tujuan untuk menstabilkan keadaan kulit kedalam keadaan normal.

Maka setelah cuci muka cukup ditepuk-tepuk perlahan untuk menghilangkan air saja jangan sampai di gosok smpai kering

8. Lupa Membersihkan Kulit Wajah dimalam Hari
Banyak wanita yang beraktivitas dengan selalu rutin menggunakan alat kosmetik seperti make-up. Tanpa mempeduli kebersihan kulit, salah satunya dengan lupa membersihkan kulit di malam hari.

Sehingga sisa-sisa make-up tadi dapat menyumbat pori-pori wajah dan mengambat proses peremajaan kulit.

9.Pola Makanan yang Kurang Tepat
Mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh meningkat (seperti, gula, gorengan dsb.).

Selain dapat merusak tubuh juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Tapi jika anda memakannya hanya sesekali saja, tidak berbahaya.